Selasa, 27 Maret 2012

Same Old Song: BBM naik, rakyat tercekik [?]

kayanya isu harga BBM naik tertanggal 1 April 2012 bakal jadi kenyataan. same old song, keluarnya isu selalu dibarengi dengan demo para aktivis, termasuk mahasiswa. Nanggepin banyaknya demo sana-sini sampe bikin jalan macet tuh kaya ngga ada habisnya dan terkesan doing nothing. pelaku demo (demonstran) pun sebenernya doing nothing. Dari taun ke taun tiap ada isu harga naik yang pertama kali muncul dan paling heboh itu demonya, bukan cara mencegah atau mengantisipasi. dan para demonstran itu bawa-bawa nama masyarakat. misal, spanduk-spanduk yang ada dan mostly: 
BBM Naik, rakyat tercekik!
*krik krik*
liat hasilnya sekarang ? eng-ing-eng ! boro-boro ditampung aspirasinya, ini malah ditinggal melancong ke China ! *sigh*
capek kan ? capek fisik, makan ati juga. Saya sebagai audience aja capek liatnya, dan ngerasa 'jleb' banget begitu tau Pak Pres ke negara panda, gimana kalian yang langsung turun ke jalan? #mau bilang phatetic tapi sawangane gak sopan hheu.

makin capek, makin panas kan baca postingan ini? yaudah, stay calm, be cool .

cuma pengen mengutarakan apa yang ada dalam hati ini, daripada nyesek trus bikin rambut rontok dan makin gemuk.

dear kalian, para aktivis yang sering turun ke jalan, terutama mahasiswa. kalian tuh sebenernya manusia intelek lho , serius. cuma sayang kelakuan kalian yang hampir selalu berakhir ricuh dan menumbangkan beberapa orang atas nama masyarakat itu meragukan asumsi itu. buat ngadepin pemerintah yang alot itu ngga cukup sekedar turun ke jalan. kitanya kudu lebih pinter dari mereka. mereka sebenernya ngga pinter-pinter amat, masih maju kita banget, cuma mereka itu ngerti dan paham sama dunianya. kalian mau nyerang mereka kaya apa juga kalo gatau apapa tentang dunia mereka ya useless.
kalo kaya gini terus caranya, ya kalian sama mereka ngga ada bedanya, sama-sama childish. sama-sama ngga dewasa, sama-sama nggak berkembang. buat apa kalian mengemban pendidikan sampai perguruan tinggi kalo kelakuannya sama aja kaya anak yang gak berpendidikan. anak jalanan masih lebih baik, tenaga mereka sebagian lebih disalurkan sama kegiatan bikin musik. kreatif kan, dibandingin tereak-tereak di jalan, gerombolan, bikin macet dan makin sumpek.
do something lah , mahasiswa. kita nantinya yang akan memegang bangsa ini. when i said "do something" i really mean DO SOMETHING. kita bisa kan bicarakan baik-baik ? atau kalo ngeliat 'budaya' naiknya harga BBM gabisa ditumbangkan, ya kita antisipasi keadaan. kita bisa pelajari kenapa bisa terjadi kenaikan BBM, kira-kira energi alternatif apa yang bisa gantiin minyak bumi? ngutip iklan rokok: Talk Less Do More, lah. Go Ahead to use ur brain. our brain is priceless. keep our mind always wide open. coba melihat sebuah fenomena dari sudut lain.
semua yang nampak kadang ngga sesuai dengan keadaan aslinya. i'm talking about the pers. kadang media suka mem-blow up sesuatu sampe jadi terlihat lebay. itu bergantung sama pinter-pinternya kita aja memfilter informasi yang masuk. gimanapun kita butuh plan B dalam segala rencana kita. gitu juga dengan melihat sebuah fenomena.
disini aku bukannya mau menghakimi mahasiswa. aku juga mahasiswa. dan sebagai bagian dari KBM RI (Keluarga Besar Mahasiswa RI) aku ngerasa malu dengan potret mahasiswa sekarang ini. dulu , aku memuja mahasiswa-mahasiswa yang turun ke jalan. tapi semakin kesini kok semakin semrawut koordinasinya.semakin gajelas, dan worst ... anarchy .
yuk deh, kita pake otak kita buat 'melawan' mereka. pendekatannya sama kaya kalo mau deketin anak kecil, ngga bisa pake cara yang 'abstrak' kaya demo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar